PENGARUH PENDEKATAN STEAM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPAS MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS IV SDN SUMBERAGUNG 1 TUBAN
Abstrak
This research aims to find out whether there is an influence of the STEAM approach on students' learning concentration on science content material on plant reproduction for class 4 SDN Sumberagung 1 Tuban. In this research, a quantitative method or approach is used by collecting data using observation sheets and
questionnaires. This kind of exploration is exploratory research. to see whether there is an impact of a treatment on the side effects of a particular group compared to another group who did not use a particular treatment. Before obtaining the results of this research, prerequisite tests were used, namely Normality Test, Validity Test, Reliability Test, Homogeneity Test so that this research obtained results from the t test and N-Gain using the t test with values of 68.71 and 54.19 and an N-Gain value of 90 .90 or Effective. The results of this research show
that the approach uses STEAM and there is no difference or Ho is rejected and is effective for this research. So this research can be a reference for teachers to make it easier for students to understand.
Referensi
Eso, R., Napirah, M., Ode Safiuddin, L., & Agusu, L. (2022). Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN 3Sabilambo dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media belajardi masa pandemik covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 10–15.
https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal
Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310.
https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604
Nasrah, Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. JKPD (Jurnal
Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13.
https://36.89.54.123/index.php/jkpd/article/view/4166
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Metode analisis data. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33.
Bimbingan, J., Konseling, D. A. N., Ilmu, F., Dan, T., Negeri, U. I., & Utara, S. (2017). Skripsi Sri Hartaty Bki Iv.
Eso, R., Napirah, M., Ode Safiuddin, L., & Agusu, L. (2022). Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN 3Sabilambo dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media belajardi masa pandemik covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 10–15.
https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
idam ragil wa, hadi mulyono roy ardiansyah, dwi yuniasih saputri F. P. A. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engenering, Art And Mathematich (STEAM) untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study.
Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 119–123.
Iii, B. A. B. (n.d.). Hikmat, 2011. 35–54.
Kemampuan, P., Anak, S., Media, M., Parts, L., Kelompok, P., Tk, B. D. I., Ii, A. B. A., Gowa, K., Sula, M., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Makassar, U. M., & Sa’adah, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Hiperaktif Melalui Permainan Magic Puffer Ball Di Tk Talenta Semarang. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo.
Latifah, K., & Habib, Z. (2014). Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan Guru Mengajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 11(1).
https://doi.org/10.18860/psi.v11i1.6375
Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 118–131.
https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272
Mayasari, F. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh). Universitas Tanjung Pura, 1.
Oktaviani, V. A., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics). (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 142.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1),
29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028
Puspitasari, T. O., Putri, Y. E., & Yohanes, Y. (2019). Sikap Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 79–85.
https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.537
Putra, A. D., Wulandari, A. A. W., & Agustika, N. S. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 419–433.
Rahayu, A., Utaminingsih, R., & Andini, D. W. (2020). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran Ipa Untuk. Jurnal Pendidikan Ke-SD An, 7(1), 1031–1042.
Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Anak dengan Pendekatan Steam Melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 93–105.
Setyani, M. R. (2018). SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR Disusun untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan dalam. Pendidikan Matematika, 01, 73–84.
Stanton, R. (2007). Teori fiksi Robert Stanton. 185.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan Sikap, Prilaku, Persepsi, Stres, Kecamasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan. Andi, 4, 3–12.
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159