ANALISIS NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS 4 SD NEGERI 1 TANGKILSARI

  • Laila Ayu Ganda Sari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sri Rahayu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nyamik Rahayu Sesanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Abstrak

This study aims to determine the character value of student responsibility on assignments in thematic learning in class 4. The research used is descriptive qualitative research where this type of research uses a qualitative approach with descriptive research methods. Adpun data
collection procedures used in this study are using observation, questionnaires, interviews and documentation. The data analysis used is data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. Based on the results of the study that this shows 4th grade students can
show good results in the character value of responsibility on assignments in thematic learning which is shown to increase student responsibility in assignments, with habituation, a disciplined attitude by encouraging awareness of the character value of student responsibility.

Referensi

Aksan, Hermawan. 2014. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa 2.Bandung:Nuansa Cendikia

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2015. Psikologi Remaja PerkembanganPeserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fadlillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD : Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2014.

Fathurrohman, Pupuh. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: PT.Refika Aditama.

Fikriyati, Mirroh. 2013. Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta: Laras Media Prima.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (KBBI)

Lutfianingrum, Devi. 2017. Nilai-nilai karakter dalam buku tematik kelas IV SD/MI Tema 1 Indahnya kebersamana. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Moelong,L. 2018. Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Muarifa, Sulistia. 2021. Nilai Pendidikan Karakter pada Cerita anak berjenis fabek dalam buku tematik tema 2 kelas 3. Skripsi. Universitas Islam Neger Sunan Ampel Surabaya.

Odok, E.A., dkk. (2013). Effect of Motor Skills and Flexibility on Psychomotor Achievement of Secondary School Students in Physical Education in Calabar Municipality of Cross River State, Nigeria. Asian Journal of Education and e-Learning (ISSN: 2321 – 2454) M.E. Halaman 295.

Payne. Gregory. V., dkk (2012). Human Motor Development A Lifespan Approach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Lampiran 1, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.hlm.21

Prasetya, Alfian Budi. 2014. Penerapan Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Nilai Tanggung Jawab Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jaasmani,
Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Di kelas I dan IV SD Negeri Percobaan 3. Universitas Negeri Yogyakarta.

Raharjo, Rizky kurniawan. 2019. Analisi Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Bahsa Indonesia kelas V SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden IntanLampung.

Rukmana, Lina. 2020. Upaya Guru Dalam membentuk karakter tanggung jawab melalui kegiatan keagaman pada siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha SaifuddinJambi.

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 36-54.

Syahputra, Dedy. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMAMelati Perbaungan. Jurnal At-Tawassuth, Vol.2, No.2, 2017.

Sugiyono 2015.Metode Penelitian Kombinasi(Mix Methods). Bandung: Alfabeta Sugoyono 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Agus dan Gunawan. 2015. Pendidikan karakter berbasis kearifan lokaldi sekolah. yogyakarta pustaka belajar.t document.
Diterbitkan
2023-12-20