PENERAPAN LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) BERBASIS PBL (Problem Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA DI KELAS 5 PADA PEMBELAJARAN TEMA 3 MAKANAN SEHAT DI SD NEGRI 1 SEKARBANYU
Abstrak
The research aims to increase HOTS in students by using PBL based worksheets to improve HOTS in grade 5 students at SD Negeri 1 Sekarbanyu, Sumbermanjing Wetan District, Malang Regency in the science subject on Healthy Food. The instrument used is Test. The subjects in the study were grade 5 elemtary schools with a total of 26 students, consisting of 10 boys and 16 girls. The data obtained is then reduced, presented and concluded. Students’ HOTS calculations with the application of PBL based LKPD learning media have increased. These results can motivate both techers and students to apply the use of PBL based worksheets as learning media in accordance with the demands and progress of the times and interesting teaching media.
Referensi
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan
Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133.
https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844 Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran.
Effendi, R., & Sutiarso, S. (2021). Jurnal basicedu. 5(2), 920–929.
Eliati, T. A. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Self
Efficacy Peserta Didik. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME),
3(1), 19–31. https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.148
Ernawati, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis open
ended approach untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan
Matematika, 3(2), 209–220. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10632
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1),
57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu
Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual
Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 14–23.
https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.318
Julianingsih, S., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Instrumen Hots Untuk
Mengukur Dimensi Pengetahuan Ipa Siswa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas
Lampung, 5(3), 119135.
Marnita, P. H. M., & Lubis, N. (n.d.). Pengembangan LKPD berbasis HOTS Pada Pembelajaran
Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 91 Palembang.
Maskiah, & Qasim, M. (2016). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal
Diskursus Islam, 04(3), 484–492.
Meika, I., Sujana, A., & Umami, M. R. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep
Matematik Dengan Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Viii Smp Plus Mathla’Ul
Anwar Cibuah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and
Education, I, 21–28. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.216
Nasution, M. R., Sahri, D., & Devi, K. (2019). Teori Belajar Dalam Pembelajaran Tematik. 1–69.
Nurhasanah. (2012). pengembangan LKPD pada materi perpangkatan. 951–952. Jurnal
Perencanaan Pembelajaran, 14–65.
Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua
Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika
Tadulako, 2(1), 69–82.
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas
Maret, 1(2), 17–22.
Rofiah, N. H. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Kit Untuk
Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Ipa Di Mi/Sd. Al-Bidayah, 6(2), 253–272.
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/145
Sari, E., Syamsurizal, S., & Asrial, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v5i2.3388
Simanungkalit, I., Utanto, Y., Rifai, A. R., Sumatera, L., -Muara Bulian, J. K., Darat, M., & Luar
Kota Muaro Jambi, J. (2019). The Effectiveness of PBL-Based HOTS in English Learning Article
Info. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 67–73.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/31342
Susilowati, D. (2018). Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018) PENELITIAN TINDAKAN
KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN Dwi Susilowati. 02(01),
36–46.
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk
Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78.
https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah
Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi
undiksha.v5i2.8154
yaitu 119,135 > 3,072. Kata Kunci: motivasi belajar, sumber belajar, hasil belajar. (n.d.). 2,
1–14.
Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133.
https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844 Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran.
Effendi, R., & Sutiarso, S. (2021). Jurnal basicedu. 5(2), 920–929.
Eliati, T. A. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Self
Efficacy Peserta Didik. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME),
3(1), 19–31. https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.148
Ernawati, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis open
ended approach untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan
Matematika, 3(2), 209–220. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10632
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1),
57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu
Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual
Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 14–23.
https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.318
Julianingsih, S., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Instrumen Hots Untuk
Mengukur Dimensi Pengetahuan Ipa Siswa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas
Lampung, 5(3), 119135.
Marnita, P. H. M., & Lubis, N. (n.d.). Pengembangan LKPD berbasis HOTS Pada Pembelajaran
Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 91 Palembang.
Maskiah, & Qasim, M. (2016). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal
Diskursus Islam, 04(3), 484–492.
Meika, I., Sujana, A., & Umami, M. R. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep
Matematik Dengan Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Viii Smp Plus Mathla’Ul
Anwar Cibuah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and
Education, I, 21–28. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.216
Nasution, M. R., Sahri, D., & Devi, K. (2019). Teori Belajar Dalam Pembelajaran Tematik. 1–69.
Nurhasanah. (2012). pengembangan LKPD pada materi perpangkatan. 951–952. Jurnal
Perencanaan Pembelajaran, 14–65.
Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua
Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika
Tadulako, 2(1), 69–82.
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas
Maret, 1(2), 17–22.
Rofiah, N. H. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Kit Untuk
Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Ipa Di Mi/Sd. Al-Bidayah, 6(2), 253–272.
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/145
Sari, E., Syamsurizal, S., & Asrial, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v5i2.3388
Simanungkalit, I., Utanto, Y., Rifai, A. R., Sumatera, L., -Muara Bulian, J. K., Darat, M., & Luar
Kota Muaro Jambi, J. (2019). The Effectiveness of PBL-Based HOTS in English Learning Article
Info. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 67–73.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/31342
Susilowati, D. (2018). Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018) PENELITIAN TINDAKAN
KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN Dwi Susilowati. 02(01),
36–46.
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk
Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78.
https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah
Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi
undiksha.v5i2.8154
yaitu 119,135 > 3,072. Kata Kunci: motivasi belajar, sumber belajar, hasil belajar. (n.d.). 2,
1–14.
Diterbitkan
2023-12-20
Bagian
Articles