Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bebas Melalui Teknik Garis pada Anak Kelompok A TK Rian Patal Lawang Kabupaten Malang
Abstrak
The objectives of this study are 1) To find out the steps for implementing line techniques in improving the free drawing skill of class A Students in Rian Patal Lawang Kindergarten. 2) To find out line techniques can improve the ability to draw freely in class A students at Rian Patal Lawang Kindergarten. The subjects in this study were 12 students of group A. The results showed that learning using line techniques in the ability to draw freely in group A Kindergarten students Rian Patal Lawang Malang district, and can improve the ability to draw freely in cycle I an average of 58.5%, and cycle II 80.5%, an increase of 22%, so that all 12 students can be said to be complete in the learning process by reaching a percentage of more than 75%.
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulendra. I. (2010). Pengertian Warna dan Tekstur. Denpasar: Institut Seni Indonesia (ISI).
Kemendikbud. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 146 dan Nomor 137 Tahun 2014.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Suci
Romadhona & Apri Widiastuti). Jakarta: PT Indeks.
Pamadhi, H. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Rasyid, dkk. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media.
Sumanto, (2005). Pengembangan Kreatifitas seni rupa Anak TK. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Tabrani, P. (2014). Proses Kreasi-Gambar Anak-Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.
Widiani, N (2016). Analisis Gambar Anak-Anak di TK Aishiyah Bustanul Athfal Singaraja.
Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Winda. 2015. Kemampuan Menggambar Bebas sebelum Pembelajaran Pada Anak TK
Kelompok A dan B TK Al Idad An-Nuur.
Gulendra. I. (2010). Pengertian Warna dan Tekstur. Denpasar: Institut Seni Indonesia (ISI).
Kemendikbud. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 146 dan Nomor 137 Tahun 2014.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Suci
Romadhona & Apri Widiastuti). Jakarta: PT Indeks.
Pamadhi, H. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Rasyid, dkk. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media.
Sumanto, (2005). Pengembangan Kreatifitas seni rupa Anak TK. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Tabrani, P. (2014). Proses Kreasi-Gambar Anak-Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.
Widiani, N (2016). Analisis Gambar Anak-Anak di TK Aishiyah Bustanul Athfal Singaraja.
Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Winda. 2015. Kemampuan Menggambar Bebas sebelum Pembelajaran Pada Anak TK
Kelompok A dan B TK Al Idad An-Nuur.
Diterbitkan
2022-10-27
Bagian
Articles