Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Luas Bangun Datar Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Kelas IV SD
Abstrak
Abstract: The purpose of this study was to describe the feasibility and practicality of the Student Worksheet (LKPD) in mathematics learning using the inquiry learning model, the material for class IV SD class flat builds. This research is a development research. The results showed that the LKPD material for the area of the flat shape with the inquiry learning model in grade IV SD was declared feasible or valid by media experts by 75.56% with valid criteria, while the material validator obtained 76.334% with valid criteria and declared practical through a questionnaire response by the teacher. amounting to 77.77% which shows very good criteria. The conclusion of this study is that in general the mathematics learning media Student Worksheet (LKPD) material on the area of a flat shape with a class IV model is valid to be used as an alternative learning media, especially on the area of flat shapes.
Referensi
Aji, Sudi Dul. 2018. PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI & ARTIKEL ILMIAH. Universitas Kanjuruhan Malang
Budiono, Rahayu Dewi. 2018. Pengembangan Lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Maslah Materi Bangun Datar,(Online),(https://media.neliti.com), JPGSD Vol. No 3, diakses 13 April 2020
Danial, Muhhammad. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika E-Comic Interaktif Berbasis EdutainmentMateri Turunan Fungsi Aljabar Kelas XiSma. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program SI Universitas Islam Malang.
Gunanto, Adhalia Dhesy. 2016. ESPS Simple Modern untuk SD/MI kelas IV Matematika. Jakarta : penerbit Erlangga
Pasaribu Romintan. 2014. Upaya meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar matematika melalui model inkuiri terbimbng pada siswa kelas V SD NEGERI 01 CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. (Online). (repository.unib.ac.id). Bengkulu : Program SI Universitas Bengkulu.
Rahayu Dewi, Budiyono. 2018. Pengembangan Lember Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Surabaya. JPGSD Vol.06 No.3
Sari Setyopramono Wahyu. 2018. Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Luas Bangun Datar Kelas IV SD NEGERI SOKO 2. Skripsi tidak diterbitkan Surakarta: Program SI PGSD Universeitas Muhammadiyah Surakarta.
Solihin Ahmad,dkk. 2013. Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tengang Bangun Datar Pada Siswa Kelas III SDN KRADENAN,(Online), (jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 13 Maret 2020
Sugianto Joko, dkk. 2018. Terampil Berhitung Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : penerbit Erlangga
Suastika, I Ketut. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Ilmu Pendidikan
Sugianto Joko, dkk. 2018. Terampil Berhitung Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : penerbit Erlangga
Syaifuddin, M, Susanto, dkk. (2018). Senang Belajar Matematika. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ulfa, Ninik Marya, 2012, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Luas Bangun Datar Persegi Panjang Pada Siswa Kelas III SDN Maa’rif Kota Blitar, (Online), (library.um.ac.id), Rs 372.716044 ULF p, diakses 6 Februari 2020
Wisnurat, 2018, Sintak Dan Langkah – Langkah Model Pembelajaran Inkuiri, (Online), (http://okeguru.com), diakses 6 Maret 2020