Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kebonsari 3 Kota Malang
Abstrak
Abstract: The research aims to analyze the influence of parental parenting patterns and learning styles on students' learning outcomes simultaneously. The population of this study is all grade IV students and parents of grade IV students with a total of 42 students and 42 parents of grade IV students at SDN Kebonsari 3 Malang. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The analysis method uses multiple linear regression analysis techniques. The results of the analysis showed that :(1) There is an influence of parental parenting patterns on learning outcomes. (2) There is an influence of learning styles on learning outcomes. (3) There is an influence of parental parenting patterns and learning styles together on students' learning outcomes.
Referensi
Dasmo, dkk. 2011. Peran Pola Asuh Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif 1(1): 17-28
ISSN: 2088-351X
De Porter, Bobbi, Mike, H. 2010. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa
Djamarah. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Pada Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik.Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan
Hari, S. 2010. Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Faktor Exacta 3 (4), 359369
Lucy, Bunda. 2010. Mendidik sesuai dengan minat dan bakat anak (painting your children’s future). Jakarta : Tangga Pustaka
Muhibin, S. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Notosoedirdjo, M., & Latipun. 2011. Kesehatan Mental. Malang, UPT Universi-tas Muhammadiyah Malang Press.
Nurharyati, dkk. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Sosial Siswa SD Negeri Se-Desa Sukamaju Kecamatan Sunggal T.A 2015/2016. Jurnal Handayani. Vol. 5 (1) Juni 2016
Patimah, & Abdullah, F. 2018. Pengaruh Penerapan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sd Negeri Sunyaragi 1 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru Mi vol 5 (1) : 133-144. doi: http://dx.doi.org/ 10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2505
Risthantri, P., & Sudrajat, A. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPS, 193.
Shocib, M. 2010. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta : Rineke cipta
Slameto. 2010. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas IV, V, V1 Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan : Teori Penelitian dan Pengembangan. Vol 1 No 5, Mei Tahun 2016 Hlm 865-873
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Sujanto, E. 2011. Sukses Belajar dan Mengajar Dengan Teknik Memori. Jakarta : Percetakan Duta Prima
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.