Analisis Pembelajaran Daring Melalui Grup What’sapp Siswa Kelas IV SD NEGERI 3 Kebonagung Pakisaji Malang

  • Cicilia Ika Rahayu Nita Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Dwi Agus Setyawan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Widhia Lestari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Abstrak

Abstract: Corona virus changes studying systems from offline being online. This condition makes Indonesian student must studying from home. One of ways online studying is using social media, example What’sApp. This research to analyze how effective e-learning by What’sApp group  during corona pandemic and using qualitative descriptive methods. Several methods that used in this research is questionnaire guidelines, interview guidelines, and observations. Result of this research is e-learning studying system is effective for sharing task. If the teacher wants to share some theories, must be explanations given with add some pictures, explanation texts, audio or videos to their students. This research findings that android systems in new for several parents in online studying system (e-learning). Part of them must learn further to use android for studying. And this conditons will support skill and ability students to knowing new technology.

Referensi

www.kompas.com. Diakses tanggal 20 Juli 2020.
Amirul Adha, Maulana. 2019. Analisis Sistem Komparasi Sistem Pendidikan di Indonesia dan Finlandia. E-Jurnal : Tadbir. Vol.3
Andi Pramuda Dwi, A. 2015. Sistem Pendidikan di Berbagai Negara. tikipa5pendidikan.blogspot.com, diakses 19 Juli 2020.
Anwar. 2017. Pengertian Data, Sumber Data dan Pengertian Skala Pengukuran Data. www.anwarstatistik.blogspot.com. Diakses 22 Juli 2020.
Arikunto. 2010. Metode penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Elianur, Carona. 2020. Pilihan Media Pembelajaran Daring oleh Guru PAI Di Bengkulu Tengah. E-Jurnal : As-Salam. Vol.4
Falimbany, Z. 2019. E-Learning : Pengertian, Karakteristik dan Manfaat. www.codemi.co.id. Diakses 20 Juli 2020.
Guru. 2020. Pembelajaran Daring Dan Luring : Pengertian, Ciri-Ciri, Serta Perbedaannya. E-Jurnal : Among Guru
Guru Saputra. 2020. Landasan Teori. www.materibelajar.co.id. Diakses 19 Juli 2020.
Hadi, Sumasno. 2016. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. E-Jurnal : Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 22
Hakiman. 2020. Pembelajaran Daring. E-Jurnal : IAIN Surakarta.
Halah, Syah. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia : Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran. E-Jurnal : Salam. Vol.7
Hasanah, Hasyim. 2016. Teknik-Teknik Observasi. E-Jurnal : Ad-Taqaddum. Vol.8
Hidayat, Taufik. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E-Jurnal : JPD vol 3.
Hidayatullah. 2020. Memahami Jenis-Jenis Media Sosial. www.marketingcraft.getcraft.com. Diakses 21 Juli 2020.
Ilham, Jonathan. 2020. Pengertian Video – Jenis-Jenis dan Fungsi Video (Lengkap). www.matericarageo.com. Diakses 21 Juli 2020.
Jayul, Ahmad. 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19. E-Jurnal : Pendidikan Kesehatan Rekreasi.
Jonathan. 2019. 10+ Alamat Email Yang Baik Untuk Keperluan Pribadi dan Pekerjaan. www.maxmanroe.com. Diakses tanggal 21 Juli 2020.
Kanal Informasi. 2016. Pengertian Data Primer dan Sekunder. www.kanalinfo.web.id. Diakses tanggal 23 Juli 2020.
Kusdiantono. 2019. Teknologi Unsur Penting Dukung SDM Unggul Indonesia. www.ekbis.sindonews.com. Diakses 21 Juli 2020.
Mauludin, Ali. 2017. Cerdas Dan Bijak Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Tengah Era Literasi Dan Informasi. E-Jurnal : Dharmakarya.
Mulyawan. 2019. Inilah Pengertian Slide : Manfaat, Bagan, Dan Penjelasannya. www.rifqymulyawan.com. Diakses 21 Juli 2020.
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID- 19 Pada Mata Pelajaran Matematika. E – Jurnal : Al-Asma. Vol.2
Najiah Nur Mahdiyah. 2019. Mengenal Sistem Pendidikan Di Indonesia. www.asahsaya.com, diakses 19 Juli 2020.
Nuarca, Ketut. 2017. Seputar Sistem Dan Mutu Pendidikan Indonesia. E-Jurnal.
Nurdin Cahyadi. 2020. Pengaruh Corona Terhadap Dunia Pendidikan. disdik.purwakartab.go.id. Diakses 19 Juli 2020.
Oktavian, Riskey. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. E-Jurnal : Didaktis. Vol. 20
Sabera, Helen. 2017. Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan. E-Jurnal : Prosiding.
Serenata. 2020. Apa itu E-Learning? Yuk, Cari Tahu Selengkapnya. www.quipper.com. Diakses 20 juli 2020.
Sijai. 2020. Teknik Pengumpulan Data. Diposting 3 Mei 2020. www.sijai.com. Diakses tanggal 23 Juli 2020.
Susilawati, Wati. 2019. Analisis Kurikulum dan Sistem Pendidikan Matematika Di Korea Selatan. E-Jurnal : JIP. Vol. 7
Wahyudi, Supri. 2018. Pemanfaatan Aplikasi What’sApp pada Pembelajaran Berbasis Makalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di PGRI Madiun. E-Jurnal : Kwangsan. Vol. 6
Wicaksana, Johan. 2020. Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. E-Jurnal : Edu Teach.
www.baktikominfo.id. 10 Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan. Diakses tanggal 21 Juli 2020.
www.maxmanroe.com. Pengertian Aplikasi : Arti, Fungsi, Klasifikasi dan Contoh Aplikasi. Diakses tanggal 20 Juli 2020.
Diterbitkan
2020-11-12