Analisis Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran SBdP di SDN Sukun 3 Kota Malang

  • Vanilla Novita Hadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Abstrak

Abstract: This study aims describe implementation SBDP learning in training creative thinking and to describe analysis creative thinking SBDP learning at SDN Sukun 3 Malang. Students were analyzed into 3 categories, namely students with low, medium, and high creative thinking. Think creatively is divided into thinking fluently, flexible, elaborative and original. Researchers used qualitative descriptive approach. From the results are 1) Implementation SBDP learning to train creative thinking in class 3A is good with a systematic delivery starting from beginning, core, closing. SBDP learning, students enthusiastically listen to the teacher's explanation, ask the teacher, and actively take notes on what teacher says. 2) Analysis thinking class 3A as 28 students were 8 students with low creative thinking, 15 students with moderate creative thinking, 5 students with high creative thinking with a percentage fluent thinking is 83%, flexible thinking is 76%, elaborative thinking is 81% and thinking original is 71%.

Referensi

Afif, R. T. (2013). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ari Subekti. (2010). Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV SD/MI, Kemendiknas (Jakarta: Pusat perbukuan, 2010)
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98-106.
Kristanto, M. (2014). Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan Sebagai Pendidikan Karakter. In Seminar Nasional dan Bedah Buku.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2).
Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 2 Pemaron Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Puspit, V. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD IT Adzkia. Journal ResearchGate, 6.
Ramadhani, H. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Joyfull Learning di Sekolah Dasar Kabupaten Bandung Barat. utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), 103-113.
Rodiyana, R. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).
Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16-25.
Rosy, M. (2019). Analisis tahapan proses berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. SKRIPSI Mahasiswa UM.
Rudyanto, H. E. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01).
Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23-33.
Sinaga, S. S. (2009). Pengembangan Materi Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Berkonteks Kreatif, Kecakapan Hidup, dan Menyenangkan bagi Siswa SD/MI. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 9(2).
Siswono, T. Y. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 1-9.
Suharto, S. (2010). Pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran seni budaya SD. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 10(1).
Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal pada Pembelajaran Matematika untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA).
Wardani, L. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Indonesian Journal of Basic Education, 2(1), 1-4.
Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82-95.
Wuryanto, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 239-247).
Diterbitkan
2020-11-12