Pengembangan E-Modul FPB dan KPK Berbasis Computational Thinking Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Dinar Wahyu Pratiwi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Dyah Tri Wahyuningtyas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • I Ketut Suastika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: pemikiran komputasi, e-modul, FPB dan KPK

Abstract

Banyak e-modul di sekolah-sekolah yang berfokus pada hafalan prosedural daripada pemahaman konseptual, terutama dalam topik Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul FPB dan KPK berbasis computational thinking untuk siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, angket respon siswa, dan wawancara. Hasil validasi menilai kelayakan, angket siswa menentukan kepraktisan, dan hasil pre-test dan post-test mengukur keefektifan. Validasi ahli materi mencapai 80%, sedangkan validasi ahli media mencapai 97,72%, keduanya dikategorikan sangat layak. Tanggapan siswa terhadap e-modul mencapai 92,26%, dikategorikan sangat baik. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan sebesar 27,25, dengan rata-rata N-gain 0,710, tergolong tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa e-modul FPB dan KPK berbasis computational thinking layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 sekolah dasar.

Published
2025-06-24