KOMIK SAINS SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan komik sains sebagai media pembelajaran pada bab “Tata Surya” untuk siswa SMP kelas VII, 2) mengetahui kualitas komik sains pada Bab “Tata Surya” untuk meningkatkan pemahaman siswa SMP kelas VII berdasarkan penilaian validator, 3) mengetahui respon pengguna (guru dan siswa) komik sains untuk meningkatkan pemahaman siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian penembangan (R&D) menurut Brog dan Gall yang dimodifikasi sugiyono meliputi : 1) analisis kebutuhan produk, 2) penyusunan draft produk komik sains, 3) Validasi produk oleh ahli, 4) revisi produk hasil validasi ahli, 5) uji coba lapangan skala kecil, 6) analisis data hasil penelitian, 7) produk akhir komik sains. Hasil Penelitian ini : (1) dihasilkan produk komik sains sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP/MTsuntuk siswa kelas VII, 2) kualitas produk komik sains dikembangkan menurut ahli media dan ahli materi memiliki kualitas Baik dan Sangat Baik dengan presentase keidealan masing-masing yaitu 71% dan 93%. (2) respon guru dan siswa sebagai pengguna terhadap komik sains adalah Sangat Baik dengan presentase keidealan adalah 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komik sains bab tata surya telah memenuhi syarat kualitas Sangat Baik dan layak sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP/MTs kelas VII.
Kata Kunci: Komik Sains; Pemahaman Konsep; Pengembangan Media