METODE PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Main Article Content

Agustinus Kalego Tana

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi langkah-langkah penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) melalui model tutor sebaya untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PGRI Pakisaji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif.  Prosedur Pengumpulan Data menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa X SMK PGRI Pakisaji hingga 86%. Hal ini ditunjukan dengan langkap-langkah meliputi orientasi pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing pengalaman individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya melalui tutor sebaya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil belajar siswa meningkat setelah melakukan langkah-langkah metode tutor sebaya yaitu siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami suatu pelajaran. Salah satunya bisa menggunakan metode tutor sebaya. Bagi siswa disarankan agar lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman belajar dengan semaksimal mungkin.


Kata Kunci: Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving), Model Tutor Sebaya, Hasil Belajar Matematika

Article Details

Section
Articles