PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASISI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA

Main Article Content

Agustinus Jefrianus Kopong Tokan
Nurul Ain
Chandra Sundaygara

Abstract

Abstrak. Hands On Activity dalam pembelajaran fisika adalah kegiatan laboratorium sains yang memungkinkan siswa untuk melakukan, memanipuasi dan mengamati suatu proses ilmiah, serta pembelajaran ini bersifat aplikatif yakni selain di lakukan pendalaman konsep juga mencakupi kajian dalam dunia nyata. Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan KPS antara siswa yang di ajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Activity dan pembelajaran Konvensional; (2) perbedaan penguasaan antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Activity dan belajar menggunakan pembelajaran Konvensional; (3) interaksi  pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Activity dan pembelajaran Konvensional terhadap KPS dan Penguasaan Konsep siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang dan sampel di lakukan dengan teknik purposive sampling dengan dua kelas yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini metode quasi eksperimen  dengan desain penelitian menggunakan posstes only control grub design.  Data di analsisis menggunakan Uji Anova Dua Jalur (Two Way Anova) program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Activity dan pembelajaran Konvensional. (2) terdapat perbedaan penguasaan antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Activity dan belajar menggunakan pembelajaran Konvensional (3) Ada interaksi pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Activity dan pembelajaran Konvensional terhadap KPS dan Penguasaan Konsep siswa. Bedasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Aktivity berpengaruh terhadap KPS dan penguasaan konsep fisika siswa.


Kata Kunci: Kontekstual Berbasis Hands On Activity, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep

Article Details

Section
Articles