PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X EI 2 SMK NEGERI 2 SINGOSARI
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Berdasarkan observasi siswa dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 2 Singosari terhadap guru mata pelajaran matematika, diperoleh informasi bahwa pembelajaran matematika kurang berfariasi, susah memahami materi, siswa sulit sekali mengkonstruksi sendiri konsep-konsep matematika. Melihat fenomena tersebut, maka model pembelajaran Think Talk Write perlu diterapkan untuk melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan metode pembelajaran TTW (Think Talk Write). Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukan persentase hasil belajar siswa meninggkat yaitu siklus I sebesar 58,82% yang mengalami tuntas belajar, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,23% yang mengalami tuntas belajar Berdasarkan lembar observasi guru 84,21% dan meningkat menjadi 98,68%, sedangkan persentase berdasarkan lembar observasi siswa 86,76% dan meningkat menjadi 98,52%. Dengan demikian hasil penelitian disimpulkan bahwa penerpan pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV kelas X EI 2 SMK Negeri 2 Singosari.
Kata Kunci: Pembelajaran TTW, dan Hasil Belajar