UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BARISAN ARITMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)

Main Article Content

Inggrid Rambu Mbangi Hurambaya
Djoko Adi Susilo
Sri Hariyani

Abstract

Abstrak:Hasil wawancara dengan guru matematika di SMA Negeri 1  Singosarimenunjukkan bahwa  kelas XI IPS C 17 masih kesulitan memahami  materi yang dijelaskan oleh guru, banyak  yang mengobrol sendiri saat pelajaran berlangsung,  kurang aktif bertanya ketika mengalami kesulitan. Pasifnya  dalam belajar matematika menyebabkan  menjadi kurang paham, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar . Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berpikir yang berbeda untuk saling membantu antar anggota kelompok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan dan mempunyai 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Pengamatan (observasi), (2) Tes, dan (3) Dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dan siklus II nilai rata-rata berturut-turut adalah 75,70 dan 86,61. Sementara kriteria ketuntasan belajar berturut-turut adalah 64.51% dan 83,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar  kelas XI IPS C SMAN 1 Singosari. Disarankan kepada guru hendaknya memperhatikan kembali pembelajaran di sekolah baik itu strategi pendekatan atau model pembelajaran yang efektif.


 


Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil belajar

Article Details

Section
Articles