ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL

Main Article Content

Imelda Pranita
Retno Marsitin
Vivi Suwanti

Abstract

Abstrak. Ketidakmampuan peserta didik mengerjakan soal mengacu pada kemampuan pemecahan masalah pada tahapan Polya. Penggunaan tahapan Polya ini terdiri dari empat tahapan, yakni: memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kemampuan pada setiap langkah problem solving model Polya dan tingkat kemampuan problem solving model Polya dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 02 Bululawang Kabupaten Malang yang berjumlah 29 peserta didik, diambil 9 peserta didik untuk dianalisis. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Data akan dianalisis mengunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 5 peserta didik berada pada tingkatan kemampuan tinggi, 21 peserta didik berada pada tingkatan kemampuan tengah, dan 3 peserta didik yang berada pada tingkatan kemampuan bawah. Peserta didik yang mampu memahami masalah sebesar 72,99%, mampu menyusun rencana sebesar 67,82%, mampu melaksanakan rencana sebesar 12,63% dan mampu memeriksa kembali jawaban sebesar 42,53%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peserta didik sudah mampu memecahkan masalah tetapi kendala yang di hadapi peserta didik adalah pada tahap melaksanakan rencana.


 Kata Kunci: pemecahan Masalah Polya. Soal Aritmatika

Article Details

Section
Articles