PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII B SMP PGRI 06 Malang khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpikir kritis, aktif dan kreatif adalah dengan menerapkan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP PGRI 06 Malang yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini mempunyai prosedur antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh setelah diberi siklus I meningkat dibandingkan dengan tes awal yakni 70,08 menjadi 73,58. Selanjutnya, nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa pelaksanaan siklus I yaitu 73,58 menjadi 76,70 dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 82,35% siswa telah mendapat nilai minimal 75. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa siswa kelas VIII B SMP PGRI 06 Malang telah mencapai ketuntasan belajar dan hasil belajar matematika.