PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELAUI KETERAMPILAN PROSES
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada kompetensi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPDLV) kelas VIII F SMPN 3 Singosari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar tes, lembar kerja siswa, dan lembar catatan lapangan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tindakan, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan keterampilan proses terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil kajian catatan lapangan dan LKS siswa. Pada Siklus I banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 56% siswa dan pada Siklus II banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 96%. Berdasarkan hasil angket siswa, pada Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai skor angket ≥ 75% sebanyak 69,57% siswa dan hasil angket Siklus II menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai skor angket ≥ 75% sebanyak 83,33% siswa.