ANALISIS PERBANDINGAN TEKNIK 2D SKELETAL DAN 3D CEL SHADING PADA KARAKTER GAME DIGITAL 2D
Main Article Content
Abstract
Dalam pembuatan game digital, ada elemen desain karakter yang memiliki banyak variasi teknik dalam pembuatannya. Teknik skeletal pada pembuatan aset game 2D menuntut kreator membuat tiap sisi objek dengan berbagai perspektif. Sedangkan teknik cel shading pada animasi 3D dapat digunakan membuat aset game dua dimensi dari objek digital 3D. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan dua teknik animasi untuk pembuatan aset game. Analisa dilakukan pada animasi karakter game dua dimensi menggunakan teknik 3D cel shading dan 2D skeletal. Analisis kemiripan menggunakan metode euclidean. Hasil akhir menunjukkan bahwa ukuran file yang lebih kecil adalah file gambar hasil dari penerapan teknik 3D cel shading. Maka teknik ini bisa menjadi solusi untuk pembuatan animasi pada game digital dua dimensi yang mengutamakan ukuran file yang lebih kecil.