KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII BERDASARKAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (MOTIVASI)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripisikan kemampuan siswa
memecahan masalah matematika ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional tinggi, sedang, atau rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VIII SMP Islam Donomulyo dengan dikategorikan 3 Tingkat. Pengumpulan data dilakukan dengan hasil angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mampu menyelesaikan 2 masalah dengan benar dan dalam penyelesaiannya siswa tersebut mampu melaksanakan 4 tahapan pemecahan masalah polya dengan benar, siswa dengan kecerdasan emosional sedang mampu menyelesaikan 1 masalah dengan benar dan 1 masalah belum tuntas, dalam penyelesaiaannya siswa tersebut mampu melaksanakan 3 tahapan pemecahan masalah polya, siswa dengan kecerdasan emosional rendah mampu mengerjakan 1 masalah namun tidak tuntas, dalam penyelesaiannya hanya mampu melaksanakan 1 tahapan pemecahan masalah polya.