ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED BERDASARKAN TEORI APOS

Main Article Content

Kresensiana Aning
Riski Nur Istiqomah Dinnullah
Nur Farida

Abstract

Pemahaman terhadap konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah open ended pada soal cerita matematika masih rendah. Oleh karena itu, harus dianalisis tingkat pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Teori yang mampu menganalisis seberapakah pemahaman konsep matematika adalah teori APOS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah open ended pada soal cerita berdasarkan teori APOS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMPN 17 Malang. Data diperoleh dari hasil tes, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian pemahaman konsep siswa berada pada empat tahap teori APOS, yaitu  pada tahap aksi mencapai persentase sebesar 49%, yaitu dari siswa berkemampuan tinggi 13%, sedang 11% dan rendah 25%. Pada tahap proses mencapai persentase sebesar 78%, yaitu dari siswa berkemampuan tinggi 25%, sedang 23%,dan rendah 30%. Pada tahap objek mencapai persentase sebesar 58%, yaitu dari siswa berkemampuan tinggi 25%, sedang 20% dan rendah 13%. Pada tahap skema mencapai persentase sebesar 38%, yaitu dari siswa berkemampuan tinggi 16%, sedang 16% dan rendah 6%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah open ended pada soal cerita belum mampu memenuhi  semua tahapan APOS.

Article Details

Section
Articles