PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa yang dilakukan di SMP Negeri 12 Malang pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Desain Control Group Pre-Test Posstest Only. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel penelitian terdiri dari 64 siswa dengan rincian 32 siswa sebagai kelas eksperimen 32 kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji anova dua jalur. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar fisika siswa lebih tinggi. Model pembelajaran koopertif tipe jigsaw dan motivasi terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa.Oleh karena itu, sekiranya dapat digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga tujuan pembelajaran fisika dapat dicapai dengan optimal.