MINAT DAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat dan model pembelajaran, sehingga komunikasi matematis peserta didik kurang. Komunikasi matematis dapat dikembangakan melalui model pembelajaran yang tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas VII dan sampel penelitian ini yaitu kelas VII E yang terdiri dari 30 peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, dan uji hipotesis berupa uji F, uji T, determinasi (R²). Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai koefisien determinasi r² Y(X₁,₂) sebesar 0,586. Nilai tersebut menunjukkan proporsi pengaruh seluruh variabel bebas yaitu minat dan model pembelajaran Student Facilitator and Explainin terhadap variabel terikat yaitu komunikasi matematis peserta didik sebesar 58,6%. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh minat dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap komunikasi matematis Saran bagi peneliti adalah sebaiknya melakukan penelitian lanjutan dan mengembangkan model-model pembelajaran matematika.