ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN PENYELESAIAN POLYA

Main Article Content

Angela Paola Nogo Doren
Sumadji
Nur Farida

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, di SMP Negeri 1 Wagir kelas VII masih terdapat banyak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi skala dan perbandingan, sehingga diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan penyebabnya dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan penyelesaian Polya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 1 Wagir yang berjumlah 31 siswa. Subyek penelitin diambil dengan cara memeriksa hasil pekerjaan siswa berdasarkan nilai yang diperoleh, kemudian mewawancarai semua siswa sampai didapat jawaban yang hampir  sama, sehingga peneliti mengambil 12 siswa untuk dijadikan subyek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi skala dan perbandingan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pada tahap (1) terdapat 7 subyek melakukan kesalahan, disebabkan karena kebiasaaan siswa dan tergesa-gesa. Tahap (2) terdapat 6 subyek melakukan kesalahan, disebabkan karena kesulitan mengubah soal  ke kalimat matematika dan kurangnya penguasaan bahasa. Tahap (3) terdapat 6 subyek melakukan kesalahan, disebabkan karena kurang trampil dalam kalkulasi, tidak teliti dan tergesa-gesa. Tahap (4)  terdapat 12 subyek  melakukan kesalahan, disebabkan karena siswa kebiasaan tidak menuliskan kesimpulan, dan tergesa-gesa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa paling banyak melakukan kesalahan pada tahap memeriksa kembali jawaban, disebabkan karena siswa tidak menuliskan kesimpulan dan tergesa-gesa.

Article Details

Section
Articles