PENGEMBANGAN GAME TAJWID ALQUR’AN DENGAN PENAMBAHAN ENEMY AI BERBASIS FINITE STATE MACHINE

Main Article Content

Mohamad Riko Fernando

Abstract

Game merupakan salah satu media hiburan yang banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat. Kualitas Game ditentukan oleh beberapa aspek, baik dari Artificial Intelegence,  audio vicual yang menarik, konten yang disajikan, dan  lain  sebagainya. Artificial  Intelligence  (AI) sangat penting dalam game guna menciptakan suatu program  komputer  yang  bertindak  dan  berpikir seperti  manusia  dan  juga  bertindak  dan  berpikir secara rasional pada saat  yang bersamaan yang diimplementasikan terhadap Non Player Computer (NPC). Game edukasi merupakan bentuk dari sebuah metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam game ini terdapat unsur-unsur dan konten-konten edukasi yang menarik yaitu pembelejaran game tajwid al qur’an yang berbasi mobile. Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses pengembangan game edukasi 2D menjadi 3D dan penerapan metode Finite State Mechine sebagai perilaku NPC. Dalam Game Player harus  menyelesaikan  semua  misi dan  mengalahkan  musuh . Setiap stage player diberikan soal berupa quiz sebagai indikator untuk menuju stage selanjutnya serta sebagai tujuan akhir dalam game ini. Finite State Mechine  merupakan sebuah  metodologi  perancangan  sistem  kontrol  yang  menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem yang diterapkan kepada perilaku enemy pada penelitian ini. Pengujian ini dilakukan menggunakan mobile.

Article Details

Section
Articles