PENGEMBANGAN GAME TAJWID ALQUR’AN DENGAN PENAMBAHAN ENEMY AI BERBASIS FINITE STATE MACHINE
Main Article Content
Abstract
Game merupakan salah satu media hiburan yang banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat. Kualitas Game ditentukan oleh beberapa aspek, baik dari Artificial Intelegence, audio vicual yang menarik, konten yang disajikan, dan lain sebagainya. Artificial Intelligence (AI) sangat penting dalam game guna menciptakan suatu program komputer yang bertindak dan berpikir seperti manusia dan juga bertindak dan berpikir secara rasional pada saat yang bersamaan yang diimplementasikan terhadap Non Player Computer (NPC). Game edukasi merupakan bentuk dari sebuah metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam game ini terdapat unsur-unsur dan konten-konten edukasi yang menarik yaitu pembelejaran game tajwid al qur’an yang berbasi mobile. Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses pengembangan game edukasi 2D menjadi 3D dan penerapan metode Finite State Mechine sebagai perilaku NPC. Dalam Game Player harus menyelesaikan semua misi dan mengalahkan musuh . Setiap stage player diberikan soal berupa quiz sebagai indikator untuk menuju stage selanjutnya serta sebagai tujuan akhir dalam game ini. Finite State Mechine merupakan sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem yang diterapkan kepada perilaku enemy pada penelitian ini. Pengujian ini dilakukan menggunakan mobile.