KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI TAKSONOMI MARZANO

Main Article Content

Ayu Fita Ali Saputri
Djoko Adi Susilo
Trija Fayeldi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Dampit dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel ditinjau dari Taksonomi Marzano. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan mengambil enam peserta didik dari 31 subjek dan dikategorikan dalam kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes tulis dan wawancara. Tes tulis digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Taksonomi Marzano. Wawancara digunakan peneliti untuk memperoleh informasi tentang kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes tulis. Hasil penelitian ini adalah empat subjek menyelesaikan ketiga soal, pada sistem diri keempat subjek belum termotivasi, sistem kognitif tiga subjek dapat merancang strategi, sedangkan satu subjek hanya menjalankan strategi pada soal nomor 1, sistem kognitif paling tinggi menyelesaikan 3 level dan paling rendah menyelesaikan 2 level. Terdapat dua subjek hanya menyelesaikan dua soal, pada sistem diri belum termotivasi, sistem kognitif satu subjek dapat merancang strategi untuk nomor 2 sedangkan satu subjek yang lain tidak dapat merancang strategi, sistem kognitif kedua subjek paling tinggi menyelesaikan 2 level dan paling rendah menyelesaikan 1 level. 

Article Details

Section
Articles