ENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG VOLUME PRISMA

Main Article Content

Angela Fermina Hartika
Sumadji
Vivi Suwanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi volume prisma kelas VIII C SMP Negeri 2 Wagir. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam siklus dengan tahap-tahap penelitian yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan. Sumber data pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wagir. Data yang dianalisis meliputi data hasil tes, hasil observasi guru dan siswa serta wawancarai. Hasil penelitian diperoleh bahwa ketuntasan siswa pada kegiatan Siklus I % dan Siklus II % dan hasil observasi guru siklus I, observer I 70,58%, observer II 72,06% dan siklus II observer I 83,83% observer II 73,52% dan untuk hasil observasi siswa  siklus I, observer I 75%, observer II 86,77% dan siklus II observer I 94,11% observer II 97,05%, hasil wawacara siklus I dan II menunjukan bahwa siswa dapat memahami pembelajaran volume prisma menggunakan model pembelajaran quantum teaching.  Dari data hasil belajar dan hasil observasi guru dan siswa,wawancarai tersebut menunjukan bahwa setiap kegiatan mengalami peningkatan.  Berdasarkan pada hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berhasil diterapkan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles