ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA PEMECAHAN MASALAH POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR

Main Article Content

Erni Khusniawati
Retno Marsitin
Tatik Retno Murniasih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya dan penyebab kesalahan peserta didik dalam melakukan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Subyek penelitian ini diambil dengan cara memeriksa hasil pekerjaan peserta didik berdasarkan nilai yang diperoleh, kemudian mewawancarai peserta didik sampai didapat jawaban yang hampir sama. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori rendah sebanyak 11 peserta didik, kategori sedang sebanyak 4 peserta didik dan kategori tinggi sebanyak 5 peserta didik.  Penyebab kesalahan pemecahan masalah peserta didik yaitu tidak memahami materi dan tidak dapat mengerjakan soal. Kesimpulan penelitian ini yaitu peserta didik dibagi menjadi tiga kemampuan pemecahan masalah menurut langkah Polya yaitu rendah tidak mampu menyelesaikan langkah pemecahan masalah Polya sama sekali, sedang peserta didik hanya mampu memahami masalah, dan tinggi peserta didik mampu melaksanakan tahap memahami soal, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali. Penyebab kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal yaitu peserta didik tidak memahami materi, tidak memahami teknik menyelesaikan soal, kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal, tidak membuat kesimpulan akhir, dan kurang teliti.

Article Details

Section
Articles