ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DITINJAU DARI GENDER

Main Article Content

Erdiana Harniati Murni Jeharut
Sri Hariyani
Tri Candra Wulandari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan bentuk kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV yang dilakukan siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP Kristen Petra Malang. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang melakukan kesalahan membaca, penyebabnya siswa tidak mampu atau keliru dalam memaknai arti kata yang terdapat dalam soal. Terdapat 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang melakukan kesalahan memahami, penyebabnya siswa kurang lengkap dan lupa untuk menuliskan diketahui dan ditanya dalam soal. Terdapat 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang melakukan kesalahan transformasi, penyebabnya siswa tidak mampu mengubah kalimat matematika ke dalam model matematika. Semua siswa laki-laki dan perempuan melakukan kesalahan keterampilan proses, penyebabnya siswa kurang teliti dalam melakukan proses penghitungan dan tidak dapat menerapkan konsep SPLDV. Pada penulisan jawaban akhir, semua siswa laki-laki dan perempuan melakukan kesalahan, penyebabnya siswa keliru dan ceroboh dalam menarik kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir yang sesuai. Dapat disimpulkan bahwa, baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan cenderung melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan tahap penulisan jawaban, dan penyebab terjadinya kesalahan hampir sama untuk setiap indikator.

Article Details

Section
Articles