ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PELUANG
Main Article Content
Abstract
Fokus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Multimedia dengan jumlah siswa sebanyak 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori cukup, siswa mampu memberikan jawaban lebih dari satu cara dan hasilnya benar. Memberikan ide yang relevan dalam menyelesaikan soal dan pengungkapannya kurang lengkap, siswa dengan kategori kurang, siswa mampu memberikan jawaban tetapi terdapat kekeliruan dalam proses perhitungan sehingga hasilnya salah, memberika ide yang kurang relevan. Siswa dengan kategori tidak kreatif yaitu siswa memberikan satu jawaban dengan satu cara namun kurang lengkap.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI Multimedia masih berada pada kategori cukup, dapat dilihat dari 25 siswa yang berada pada kategori cukup kreatif sebanyak 10, Siswa dengan kategori kurang kreatif sebanyak 9, dan siswa dengan kategori tidak kreatif sebanyak 6 siswa.