PENERAPAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR

Main Article Content

Germanus Arif
Sudi Dul Aji
Akhmad Jufriadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan bantuan LKS, untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan bantuan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan rancangan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang terdiri atas 4 tahap. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi VIIIG SMP Negeri 2 Kepanjen sebanyak 25 orang. Data akan dianalisis melalui mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kualitas keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan bantuan LKS dengan kategori baik, dan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan bantuan LKS dapat meningkatan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase kualitas keterlaksanaan pembelajaran siklus I yaitu 62,63% dan siklus II 87,248%, keaktifan belajar siswa siklus I dan siklus II yaitu 58,66% dan 83,08%, dan rata-rata prestasi belajar siswa yang diperoleh pada pra siklus, siklus I dan II yaitu 73,6, 74,8 dan 82,8 dengan persentase tiap siklus yaitu 60%, 68% dan 88%.

Article Details

Section
Articles