PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Main Article Content

Eufrasia Tanggal
Nurul Ain
Hestingingtyas Yuli Pratiwi

Abstract

Pembelajaran inkuiri menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Peran siswa dalam pembelajaran ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran. Hal ini dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran, siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap materi  yang akan dipelajari dan siswa lebih memperhatikan penjelasan guru terkait materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kualitas keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri, 2) mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi belajar, 3) mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan design Kemmis Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu motivasi dan prestasi belajar, data motivasi diperoleh melalui kegiatan pengamatan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan data prestasi belajar diperoleh dari hasil tes siswa pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kualitas keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan, 2) penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kesimpulan penelitian adalah pe

Article Details

Section
Articles