IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR

Main Article Content

Yohaneka
Kurriawan Budi Pranata
Hena Dian Ayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan kualitas model pembelajaran STAD berbasis eksperimen untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui model pembelajaran STAD berbasis eksperimen dapat meningkatkan keaktifan siswa, (3)  Mengetahui apakah model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 10 Malang yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I 80,83% dan siklus II 94,76%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran sangat baik. keaktifan siswa siklus I 69,42 % dan siklus II 83,06% sehingga keaktifan siswa masuk dalam kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi siswa, nilai rata-rata prestasi belajar prasiklus 64, siklus I 73 dan siklus II 82, dengan ketuntasan belajar di keadaan awal 41.66%, siklus I 58,33% dan siklus II 88,89% dan berada dalam kriteria baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran STAD berbasis eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Fisika siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 10 Malang.

Article Details

Section
Articles