EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SFAE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Main Article Content

Yuliana Nogo Tolok
Nurul Ain
Chandra Sundaygara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Student Facilitator And Expalining (SFAE) terhadap motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa. Model SFAE dikatakan lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (1) jika terdapat perbedaan dari model SFAE dan model konvensional; (2) nilai motivasi dan prestasi model SFAE lebih tinggi dibandingkan dengan nilai motivasi dan prestasi model Konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknologi Informasi dan Komunikasi SMKN 2 Singosari dan sampel penelitian terdiri dari 36 siswa kelas X RPL-2 sebagai kelas eksperimen dan X MM-1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdapat dua instrumen yang digunakan yaitu motivasi dan prestasi, dimana data motivasi diperoleh melalui observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung sedangkan data prestasi didapatkan dari tes akhir. Kedua data tersebut kemudian di analisis menggunakan uji anova dua jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa; (1) ada perbedaan antara model SFAE dan model konvensional; (2) nilai dari kelas yang menggunakan model SFAE lebih tinggi dibandingkan dengan nilai dari kelas konvensional. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining lebih efektif meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fisika  siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Article Details

Section
Articles