UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 23 MALANG

Main Article Content

Sebastianus Vio
Hestiningtyas Yuli Pratiwi
Hena Dian Ayu

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk  mengetahui  upaya meningkatkan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserta didik di smp negeri 23 malang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 23 Malang dengan jumlah siswa 35 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini  dilakukan dalam dua siklus. Presentase hasil belajar pada penelitian di lihat dari tiga aspek, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Presentase hasil belajar pada aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 68,9% dengan kualitas cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 81,71% dengan kualitas baik. Untuk aspek afektif yang dinillai dalam penelitian ini yaitu disiplin, keberanian, kerja sama, dan tangungg jawab. Sedangkan untuk aspek psikomotoriknya dilihat pada saat siswa melakukan eksperimen, dimana yang dinilai dalam aspek psikomotorik ini yaitu pada saat siswa merangkai alat dan bahan, melakukan praktikum, dan mengkomunikasikan hasil praktikum.

Article Details

Section
Articles