PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 02 WAGIR

Main Article Content

Maria Verginia Lorenca Seran
Nurul Ain
Chandra Sundaygara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 02 Wagir. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dengan mengunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer selama kegiatan pembelajaran, sedangkan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa adalah soal uraian yang dilakukan melalui pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada Perbedaan motivasi belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 2) Ada Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 3) Tidak ada Interaksi Antara Model Pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar mengunakan model pembelajaran  Inkuiri terbimbing, tingkat motivasi belajar siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing  lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengunakan model pembelajaran konvensional.

Article Details

Section
Articles