PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Realistic Mathesmatic Education dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang menggunakan media alat peraga pada materi bangun ruang balok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang yang berjumlah 30 siswa. Prosedur pegumpulan data meliputi tes, observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I dan siklus II sebesar 77% dan 81% dengan kriteria baik dan sangat baik, (2) sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dan II sebesar 60,62% dan 76,87% dengan kriteria cukup baik dan baik, dan (3) persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 63,33% dan 76,67% dengan krieria cukup baik dan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran RME menggunakan media alat peraga pada materi bangun ruang balok dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran bagi peneliti untuk memperhatikan kesesuaian alat peraga dengan model pembelajaran yang digunakan.