PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMPN I WULANGGITANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN I Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN I Wulanggitang Kabupaten Flores Timur, dengan sampel penelitian kelas VIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 peserta didik dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini berupa pengujian instrumen yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent-Sampel T test. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata rata prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi 0,876 > 0,05 dan hasil lembar kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMPN I Wulanggitang Kabupaten Flores Timur.