PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING

Main Article Content

Tatik Retno Murniasih
Sri Hariyani

Abstract

Minat siswa di salah satu SMP PGRI Kabupaten Pasuruan tergolong rendah. Diperlukan media berupa buku saku berbasis mind mapping agar dapat meningkatkan minat siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kenaikan  minat siswa SMP kelas VIII setelah mempelajari materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) menggunakan buku saku berbasis mind mapping. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas menngunakan model Kemis & mcTaggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa pada materi SPLDV menggunakan buku saku berbasis mind mapping dari siklus I ke siklus II.  Pada siklus 1 didapatkan aktivitas siswa sebesar 69% dan naik menjadi 82% pada siklus 2, aktivitas peneliti sebesar 77% pada siklus 1 dan naik menjadi 88% pada siklus 2. Selain itu ada kenaikan hasil penilaian minat belajar siswa pada siklus 1 dari 70% menjadi 90% pada siklus 2. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk menggunakan buku saku pada materi SMP yang lainnya.

Article Details

Section
Articles