ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII BERDASARKAN TEORI APOS

Main Article Content

Susana Afrila Ngandas
Rosita Dwi Ferdiani
Trija Fayeldi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel jika diukur dengan tahapan APOS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis yang memuat 2 soal uraian dan wawancara. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi metode, yaitu membandingkan hasil tes dan wawancara. Analis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dianalisis menggunakan teori APOS yang memuat indikator pemahaman konsep. Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) 13 subjek melakukan kesalahan pada tahap Aksi, yang memuat indikator pemahaman konsep: menyajikan konsep dalam bentuk represantasi matematis (2) 14 subjek melakukan kesalahan pada tahap proses, yang memuat indikator pemahaman konsep: menggunakan , memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu (3) 16 subjek melakukan kesalahan pada tahap Objek, yang memuat indikator pemahaman konsep konsep: mengklasifikasin objek sesuai sifat tertentu (4) 17 subjek melakukan kesalahan pada tahap skema yang memuat indikator pemahaman konsep: mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah.

Article Details

Section
Articles