ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLTV BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

Main Article Content

Setyaningtyas Atika Prihatini
Djoko Adi Susilo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV (Sistem persamaan linier tiga variabel) berdasarkan tahapan Newman. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan Jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan membaca sebesar 27.78%, memahami soal sebesar 94.4%, transformasi sebesar 72.2%, ketrampilan proses sebesar 38.89 %, dan penulisan jawaban akhir sebesar 38.89 %. Penyebab kesalahan siswa dikarenakan tidak dapat menyebutkan kata kunci atau informasi yang ada pada soal, siswa kurang memahami masalah yang ada pada soal, siswa tidak menuliskan informasi yang ada pada soal, melakukan kesalahan mengubah informasi ke dalam kalimat matematis, melakukan kesalahan dalam perhitungan, serta kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir.

Article Details

Section
Articles