PENERAPAN MODEL TGT DAN ELIMINATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Main Article Content

Maria Sartika Avila
Wignyo Winarko
Yuniar Ika Putri Pranyata

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Elimination Games yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 8 Cibal pada materi segitiga dengan jumlah peserta didik 30 orang.  Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu oleh guru mata pelajaran matematika sebagai observer. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan pada siklus I minat belajar peserta didik berdasarkan angket respon peserta didik berada pada kategori baik dengan persentase 70% dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik dengan persentase 81,57%. Berdasarkan penelitian dikatakan bahwa penerapan model teams games tournament dan elimination games dapat meningkat minat belajar peserta didik. Tercapainya hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut 1) persiapan, 2) penyajian materi, 3) diskusi kelompok, 4) elimination games, 5) tournament, 6) pemberian penghargaan, 7) kesimpulan, 8) penutup.

Article Details

Section
Articles