PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Main Article Content

Wihelmina Suryani
Sudi Dul Aji
Chandra Sundaygara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensioanal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest Postest Control Grup Desain.. Sampel terpilih menggunakan Teknik purpose sampling adalah kelas VIII C sebagai kelas eskperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan metode analisis analisis anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1)Ada perbedaan prestasi belajar anatara siswa yang belajar  fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar mengunakan model pembelajaran konvensioanl. 2)Ada perbedaan sikap ilmiah anatara siswa yang belajar  fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar mengunakan model pembelajaran konvensioanl. dan sikap ilmiah dengan menggunakan model . 3)Terdapat interaksi penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelaran Inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar fisika.

Article Details

Section
Articles