MODEL CPS MELALUI SAINTIFIC APPROACH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR REATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

Main Article Content

Marselina Banu
Sudi Dul Aji
Muhammad Nur Hudha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving dan siswa yang belajar menggunakan model konvesional, 2) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan model pembembelajaran creative problem solving dan siswa yang menggunakan model konvesional, 3) untuk mengetahui interaksi model pembelajaran creative problem solving dan kemampuan berpikir kreatif  terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian ini menggunakan only pretest-postest control group design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model creative problem solving dengan siswa yang belajar menggunakan model konvesional dengan nilai  sebesar 10,207. sertaadanya perbedaan pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan model creative problem solving dengan siswa yang belajar menggunakan model konvesional dengan nilai  sebesar 17,771. dan interaksi pembelajaran creative problem solving dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai  sebesar 167.

Article Details

Section
Articles

References

Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36.

Al-Oweidi, A. (2013). Creative Characteristics and Its Relation to Achievement and School Type among Jordanian Students. Creative Education, 4(1), 29–34.

Anita, Anggo, M., & Arapu, L. (2015). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 9 Kendari Dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 3(2), 27–40.

Atsnan, M. F., & Rahmita Yuliana Gazali. (2013). Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta(Universitas Negeri Yogyakarta), 978–979.

Bektiarso, S. (2000). Pentingnya Konsepsi Awal Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Saintifik, 1(1), 11–20.

Duron, R. B. L., & Waugh, W. (2006).Critical Thinking Framework For Any Discipline. Journal Of Theaching and Learning In Higher Education, 17(2), 160–166.

Fitriyah, N., Hariani, S. A., & Fikri, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Ipa Biologi. Jurnal Edukasi, 11(2), 44–50. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65672/Ainul Latifah-101810401034.pdf?sequence=1

Iriani, R., & Hidayah, N. (2017). The Effect of Problem Posing and Problem Solving Model on Chemistry Learning Outcome. 100, 87–90.

Manurung, T. W. H., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Hidayah Medan. Journal Mathematics Education, 1–14.

Mariati, P. S. (2012). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MAHASISWA. 8, 152–160.

Mudjiarto, R., & dkk. (2005). Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Fisika Melalui Pendekatan Pembelajaran Konseptual secara Interaktif. Mimbar Pendidikan, 24(2) :17-24.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Yogyakarta: Rineka Cipta.Neizhela, A., & Mosik. (2015). MENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE THINK PAIR SHARE MATERI KALOR PADA SISWA SMP. Unnes Physic Education Journal, 4(1).

Ornek, F., Robinson, W., & Haugan, M. (2008). What Makes Physics Difficult? International Journal of Environmental & Science Education,3(1), 30–34.

Prasetyarini, A., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). PEMANFAATAN ALAT PERAGA IPA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI I BULUSPESANTREN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Radiasi, 2(1), 7–10.

Pujiadi, M. A. dan. (2006). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS ) BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMA KELAS X. (5), 37–45.

Putra, T. T., Irwan, & Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22–26.Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif , dan R & D. Bandung : Afabeta.

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi Dan Dampak Terhadap Pemahaman konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(8), 1–7.

Sulima, & Suparmi. (2017). Pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kemampuan berpikir abstrak dan kemampuan analisis siswa. JURNAL INKUIRI, 6(1), 21–30.

Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2010). Pengaruh Penggunaan artikel Kimia dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574–581.

Suparno. (2007). Metodologi Pembelajaran fisika. Yogyakarta: Universitas Santa Darma.Sutarto. (2005). Buku Ajar Fisika(BAF) dengan Tugas Analisis Foto Kejadian Fisika (AFKA) Sebagai Alat Bantu Penguasaan Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(54), 326–340.

Usmeldi. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific dan Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8.

Wang, H., Chang, C., & Li, T. (2008). Assessing creative problem-solving with automated text grading. 1–17. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.01.006

Wulandari, D. F., Hamidah, I., & Setiawan, A. (2014). Physics of Learning Strategy to Train Critical and Creative Thinking Skills. 3(11), 2976–2981.

Yasin, R. M., Halim, L., & Ishar, A. (2017). Effects of Problem-solving Strategies in the Teaching and Learning of Engineering Drawing Subject. 8(16). https://doi.org/10.5539/ass.v8n16p65

Yeni, E. M., & dkk. (2011). Pemanfaat Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edisi Khusus No 1.