PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP BUDI MULIA PAKISAJI

Main Article Content

Pius Parung
Riski Nur Istiqomah Dinullah
Nur Farida

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki peranan penting sebagai salah satu kegiatan dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang menjadi pendukung bagi kemajuan, kesejahteraan individu dan suatu bangsa. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pendekatan cooperative learning yang menenkankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam mencapai prestasi yang maksimal. Melalui STAD siswa mampu untuk mengungkapkan pendapatnya dalam diskusi kelompok sehingga akan terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga suasana belajar akan lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume limas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Budi Mulia Pakisaji yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan nilai tes siklus I, dan Siklus II, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa siklus I dan siklus II. Nilai tes siklus I yang didapat siswa dalam persen adalah 70,96% sedangkan siklus II adalah 90,32%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mencapai kriteria keberhasilan 72,5%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 65%. Sementara siklus II menunjukkan persentase keberhasilan guru 90% dan keberhasilan siswa 85%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar. 

Article Details

Section
Articles