ANALISIS KEMAMPUAN PENGAJUAN MASALAH (PROBLEM POSING) MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR

Main Article Content

Nurrohmi Fauziyah
Nyamik Rahayu Sesanti
Retno Marsitin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam pengajuan masalah matematika pada materi aljabar. Kemampuan pengajuan masalah peserta didik dianalisis menggunakan indikator-indikator kemampuan pengajuan masalah yang digolongkan ke dalam tiga kategori, yaitu reformulasi masalah , rekonstruksi masalah, dan imitasi masalah. Reformulasi masalah adalah mengajukan masalah dengan menggunakan langsung informasi yang ada dalam masalah awal, rekonstruksi masalah adalah mengajukan masalah dengan memodifikasi masalah awal atau informasi yang diberikan, imitasi masalah adalah mengajukan masalah dengan penambahan struktur informasi yang diberikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan peserta didik dalam mengajukan masalah terhadap masing-masing kategori pengajuan masalah pada tes yang terdiri dari 2 soal uraian adalah (1) kategori reformulasi masalah 50%; (2) kategori rekonstruksi masalah 41,67%; (3) kategori imitasi masalah 25%; (4) tidak dapat dikategorikan 12,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan (1) kategori reformulasi masalah terdapat 12 peserta didik; (2) kategori rekonstruksi masalah terdapat 10 peserta didik; (3) kategori imitasi masalah terdapat 6 peserta didik; (4) tidak dapat dikategorikan terdapat 3 peserta didik.

Article Details

Section
Articles