ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBUKTIAN TRIGONOMETRI DENGAN TAHAPAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)

Main Article Content

Nur Qomari
Nyamik Rahayu Sesanti
Retno Marsitin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam pembuktian trigonometri berdasarkan tahapan Newman’s Error Analysis (NEA). Kesalahan peserta didik dianalisis berdasarkan tahapan Newman Error Analysis (NEA) yang terdiri dari lima tahapan kesalahan, yaitu tahap kesalahan membaca (Reading Error), tahap kesalahan memahami masalah (Comprehension Error), tahap kesalahan transformasi (Transformation Erros), tahap kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan tahap kesalahan penulisan (Encoding Error). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kesalahan peserta didik terhadap tahapan Newman Error Analysis (NEA) pada tes yang terdiri dari 3 soal uraian adalah (1) tahap kesalahan membaca (Reading Error) 61,11%, (2) tahap kesalahan memahami masalah (Comprehension Error) 69,44%, (3) tahap kesalahan transformasi (Transformation Erros) 63,89%, (4) tahap kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) 63,89% dan (5) tahap kesalahan penulisan (Encoding Error) 97,22%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik masih melakukan kesalahan pada kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses  dan kesalahan penulisan. 

Article Details

Section
Articles