ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NU BULULAWANG BERDASARKAN TEORI APOS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan siswa dalam memahami materi pelajaran matematika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya materi sistem persamaan linear dua variabel karena materi tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis pemahaman siswa kelas X Akuntansi SMK NU Bululawang pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan teori APOS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah 13 siswa kelas X Akuntansi SMK NU Bululawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada tingkat aksi, semua subjek belum memiliki pemahaman yang sempurna; (2) Pada tingkat proses, semua subjek sudah memiliki pemahaman yang baik. Semua subjek dapat mengerjakan dengan langkah-langkah yang benar dan memperoleh jawaban yang benar. Sebelas subjek menggunakan metode eliminasi, dua subjek menggunakan metode gabungan; (3) Pada tingkat objek, ada tiga subjek yang sudah berada pada tingkat pemahaman objek yang sempurna, ada dua subjek yang belum sampai pada tingkat objek, delapan subjek dengan pemahaman objek yang belum sempurna; (4) Pada tingkat skema, ada delapan subjek yang masih belum sempurna pemahamannya, tiga subjek sudah dalam pemahaman yang baik, dua subjek sudah dalam pemahaman sempurna.