PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kualitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa (2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran fisika dengan menggunakn pendekatan inkuiri terbimbing dapat meninkatkan motivasi belajar siswa. (3) Untuk mengetahui apakah pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkna prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP PGRI 6 malang. Ini merupakan peneliitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing yang dilaksanakan dikelas VII C SMP PGRI 6 Malang mencapai kriteria baik. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII C SMP PGRI 6 Malang. (3) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII C SMP PGRI 6 Malang. Berdasarkan hasil penilitian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa .