PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI MENGGUNAKAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Maria Sumarni Wati
Sri Hariyani
Yuniar Ika Putri Pranyata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan kartu soal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP PGRI 6 Malang pada materi segi empat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP PGRI 6 Malang yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes berupa soal-soal yang digunakan untuk mengukur hasil belajar,  observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dengan penerapan model pembelajaran TAI menggunakan kartu soal dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Pemberian tes awal, (2) Pembagian kelompok secara heterogen, (3) Penjelasan materi, (4) Pembagian kartu soal, (5) Diskusi kelompok, (6) Presentasi kelompok, (7) Pemberian penghargaan, dan (8) Pengadaan tes akhir. Penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan persentase hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase hasil belajar adalah 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Hasil observasi siswa pada siklus I adalah 75% dan siklus II meningkat 87,5%, hasil observasi peneliti siklus I 80% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,5%.

Article Details

Section
Articles