IMPLEMENTASI PATHFINDING PADA KARAKTER HERO DENGAN ALGORITMA A* DALAM GAME TBS PERANG KOMANDO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memuat tentang pengembangan sebuah game yang bergenre Turn Based Strategy. Permainan atau game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai sarana penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Bermacam macam genre yang ada pada sebuah game atau permainan, dan salah satu diantaranya yakni Turn Based Strategy. Metode yang di gunakan dalam genre ini adalah Pathfinding dengan algoritma A* (A star). Diharapkan setelah diterapkannya metode ini, karakter hero dapat menemukan jalur tercepat menuju titik yang telah ditentukan. Untuk menemukan jalur tercepat dari titik awal ke titik tujuan, maka di gunakan rumus untuk mencari jalur terdekat menggunakan perhitungan dasar teorema Phytagoras (Edwin & Dale, 1994), di mana a² + b² = c². Berdasarkan rumus dasar teorema tersebut, digunakanlah rumus dalam algoritma a* yakni: F=G+H, Dimana: F adalah jumlah dari G dan H ini adalah perkiraan jalur terpendek sementara, G adalah Geographical Cost adalah total jarak yang didapat dari verteks awal ke verteks sekarang. Dan H adalah Heuristic Cost adalah perkiraan jarak dari verteks sekarang (yang sedang dikunjungi) ke verteks tujuan. sehingga karakter dapat berpindah dan menemukan jalur tercepat.